Home » About Us » Our Partners

Our Partners

Aceh Mining and Energy Resources Office

ICED supports this Office in building better understanding and capacity within district mining and energy staff and micro-hydro plant operators. Our work includes conducting training and assisting in the establishment of micro-hydro community projects supervised by the Office.

Bank Bukopin

ICED provides capacity building for investment and risk mitigation staff to review mini hydro projects and checking feasibility study for mini hydro projects.

Bank Central Asia

ICED assisted in capacity building for investment and risk mitigation staff to review mini hydro projects and checking feasibility study for mini hydro projects, fundamental construction projects as well as technical document in renewable energy projects.

Bank Indonesia

Dukungan ICED termasuk bantuan dalam mengembangkan dan melaksanakan Kebijakan Perbankan Hijau Nasional, serta berbagi ilmu di tingkat kebijakan.

Bank Nasional Indonesia

ICED memberi masukan kepada BNI dalam mengolah empat proposal pembiayaan tenaga mini hidro dan memberikan pelatihan kepada petugas BNI dalam melakukan due diligence proyek-proyek energi terbarukan. Anggota staf BNI juga berpartisipasi dalam kunjungan yang disponsori ICED ke pembangkit biogas yang berhasil di Thailand. Kolaborasi BNI dengan ICED termasuk pembiayaan bersama dana hibah untuk proyek pelistrikan biomassa di Bali.

Bank Rakyat Indonesia Syariah

Bantuan ICED termasuk pengembangan kapasitas bagi manajer risiko internal dengan mengadakan kelompok diskusi kecil pada masalah-masalah yang berkaitan dengan proyek-proyek tenaga mini hidro di BRI Syariah dan lokakarya mengenai peninjauan proyek mini hidro. ICED juga telah meninjau beberapa studi kelayakan bagi bank.

BAPPEDA Sumatera Utara

ICED membantu Provinsi ini dalam melaksanakan Rencana Aksi Daerah Pengurangan Emisi Gas Rumah Kaca (RAD-GRK) serta pemodelan kegiatan LEAP. Sumatera Utara adalah provinsi pertama yang menyerahkan rencana aksi RAD-GRK untuk BAPPENAS. BAPPEDA ini telah menunjukkan kepemimpinan dalam mengadopsi pendekatan pembangunan rendah-emisi.

BAPPENAS, Direktorat Energi, Pertambangan dan Sumber Mineral

ICED bekerja sama dengan Direktorat ini dalam badan perencanaan pembangunan nasional dalam perumusan kebijakan terkait energi. Sebagai contoh, telah membantu dalam mempersiapkan studi latar belakang untuk Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2015-2019 pada sektor energi, dan latihan skenario untuk mengidentifikasi hubungan kebijakan nasional-propinsi dan dialog pada perencanaan energi.

BAPPENAS, Sekretariat RAN-GRK

ICED membantu Sekretariat melalui penguatan peran koordinasi dalam melaksanakan RAN-GRK (rencana aksi nasional pada pengurangan emisi gas rumah kaca) dan berbagai aktivitas untuk program pemodelan energi (LEAP) di tingkat nasional dan provinsi.

Direktorat Jenderal Perkebunan dan Komite ISPO, Kementrian Pertanian

ICED membantu Direktorat dalam mengembangkan industri minyak sawit berkelanjutan di Indonesia, khususnya limbah energi (misalnya, mendapatkan metana untuk pembangkit biogas).

Infrastruktur Finansial Indonesia

ICED mendukung lembaga keuangan ini melalui diskusi intensif dan bantuan teknis untuk meningkatkan kapasitas petugas investasi dalam meninjau proyek energi terbarukan.

Kantor Perkebunan dan Kehutanan Pemerintah Propinsi Riau

Bantuan ICED ke kantor ini sampai saat ini sudah termasuk lokakarya kemandirian energi melalui pengembangan energi terbarukan; penilaian dan pemetaan proyek biogas di Provinsi Kampar dan daerah Rokan Hulu; studi Wisata ke Krabi, Thailand untuk belajar tentang pengembangan pembangkit listrik menggunakan limbah pabrik kelapa sawit; dan sponsor untuk partisipasi kepala Dinas perkebunan perkebunan Riau untuk menghadiri lokakarya Asosiasi Global Energi US (Energy Association’s Global) mengenai pengembangan energi bersih di Washington, DC.

Kantor Sumber Energi dan Mineral Aceh

ICED mendukung Kantor ini dalam membangun pemahaman dan kapasitas yang lebih baik dalam distrik pertambangan, staf energi dan operator pembangkit mikro hidro. Pekerjaan kami meliputi melakukan pelatihan dan membantu dalam pembentukan proyek-proyek mikro hidro komunitas yang diawasi oleh Kantor ini.

Kementrian Energi dan Sumber daya Mineral, DGNREEC

Selain pengembangan energi terbarukan, ICED bekerja pada isu-isu efisiensi energi untuk mendukung pelaksanaan kegiatan Keppres 13/2011 dan kegiatan terkait, dan Peraturan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral nomor 13/2012. Kegiatan energi efisiensi ICED mencakup pemerintah daerah dan bangunan komersial, terutama hotel-hotel.

Kementrian Keuangan, BKF

Untuk memastikan peningkatan penggunaan keuangan hijau di Indonesia, ICED bekerja erat dengan badan kebijakan fiskal ini untuk menilai pemanfaatan keuangan hijau dan pembiayaan perubahan iklim di Indonesia, melakukan studi terkait dengan subsidi dan membantu BKF dan Pemerintah Surabaya dalam pelaksanaan bangunan percontohan program efisiensi energi.

Nusantara Infrastructure

ICED telah menyediakan berbagai layanan bantuan bagi perusahaan investasi mengenai mini hidro, biomassa dan proyek PV solar. Bantuan ini termasuk konsultasi, memfasilitasi pertemuan dengan pengembang swasta, memberi nasihat tentang dokumen tender, dan studi kelayakan ulasan.

Otoritas Jasa Keuangan (OJK)

ICED telah bekerja erat dengan OJK sejak badan ini didirikan untuk membantu mengembangkan bidang perbankan hijau. Kegiatan yang dilakukan termasuk mempersiapkan studi tentang berbagai aspek pengembangan energi terbarukan.

Pemerintah Daerah Kampar

Dukungan ICED kepada daerah ini adalah dengan menyediakan studi terkait energi bersih, terutama pada potensi pengembangan pembangkit biogas biomassa dari limbah pabrik kelapa sawit.

Pemerintah Daerah Rokan Hulu

ICED mendukung pengembangan sumber energi bersih di distrik dengan menyediakan studi terkait energi, terutama pada potensi pengembangan pembangkit biogas dari limbah pabrik kelapa sawit.

Pemerintah Pusat Makassar

ICED dan UNDP-BRESL bekerja sama dengan pemerintah Makassar dalam melaksanakan keputusan Presiden tentang penghematan energi dan air, melalui retrofitting dua bangunan pemerintah Makassar berdasarkan audit energi yang dilakukan melalui Program Kemitraan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral.

PLN Aceh

ICED bekerja dengan PLN Aceh dalam mendukung bersih pengembangan energi di provinsi ini. Kerjasama ini sudah termasuk pengembangan database geospasial jaringan listrik di provinsi. ICED juga mengadakan berbagai penelitian dan berbagi pengetahuan tentang potensi sumber daya energi terbarukan di Aceh.

PLN Pusat

ICED bekerja erat dengan kantor PLN, mendukung pengembangan dan peningkatan pemanfaatan sumber energi terbarukan untuk pembangkit listrik. ICED menyediakan kapasitas dan bantuan teknis untuk membuat interkoneksi proyek energi terbarukan untuk kelayakan jaringan PLN.

PLN Riau

ICED bekerja dengan PLN Aceh dalam mendukung bersih pengembangan energi di provinsi. Kerjasama ini sudah termasuk pengembangan database geospasial jaringan listrik di provinsi, serta program peningkatan kapasitas untuk pejabat mereka.

PLN Sumatera Utara

ICED bekerja dengan PLN Aceh untuk mendukung pengembangan energi bersih di provinsi. Kegiatan kami telah termasuk pengembangan database geospasial jaringan listrik di provinsi, komisioning studi dan berbagi pengetahuan tentang potensi sumber daya energi terbarukan di Sumatera Utara.

Pusat Investasi Pemerintah (PIP) dibawah Kementrian Keuangan

ICED mendukung PIP dengan mengadakan diskusi intensif dan memberikan bantuan teknis kepada para pegawainya, meningkatkan kapasitas dalam meninjau proyek energi terbarukan, termasuk proyek-proyek mikro hidro dan bioenergi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*