ICED II membantu Bank BCA melaksanakan pelatihan tentang perbankan ramah lingkungan (green banking)

9 November 2018

ICED II melanjutkan dukungannya bagi Otoritas Jasa Keuangan (OJK) di bidang keuangan berkelanjutan (sustainable finance) melalui pelatihan individual bagi bank.

Jum’at, 9 November 2018, ICED II membantu Bank BCA melaksanakan pelatihan tentang perbankan ramah lingkungan (green banking). Bank BCA mewajibkan pelatihan ini bagi divisi-divisinya yang berurusan dengan marketing, manajemen risiko dan analisa kredit.

Dalam sambutannya, Yuli Melati, Group Head Corporate Banking Bank BCA menyampaikan bahwa ICED II berperan penting dalam membantu bank, khususnya Bank BCA, untuk meninjau memorandum proyek bagi proyek pembangkit listrik bertenaga energi terbarukan yang pembiayaannya menggunakan fasilitas dari Bank BCA.

Erik Teguh Primiantoro, Kasubdit Pengembangan Pengendalian Dampak Lingkungan, Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) mengupas tentang aspek lingkungan hidup dan risiko perbankan, serta cara menggunakan berbagai dokumen lingkungan hidup (AMDAL, UKL-UPL dan izin lingkungan lainnya) dalam Pengelolaan Risiko Perbankan.

Pelatihan ini juga akan memberikan pemahaman dan cara menggunakan laporan izin lingkungan (RKL-RPL dan UKL-UPL) dan hasil PROPER (Program Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan) sebagai bahan informasi dalam pengelolaan risiko perbankan dan penyusunan laporan keberlanjutan (sustainability report).