Lokakarya Perencanaan Elektrifikasi Daerah Berbasis Geospasial dan Updating 20 kV Sulawesi Selatan

5 Pebruari 2020

USAID ICED II mendukung Pemerintah Indonesia untuk memutakhirkan perencanaan elektrifikasi pedesaan. Sistem Informasi Geografis (GIS) mampu memetakan berbagai lapisan informasi seperti jaringan listrik, distribusi jalan dan bangunan sehingga Perusahaan Listrik Negara (PLN) Wilayah Sulawesi Selatan dan Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Provinsi Sulawesi Selatan dapat merencanakan dan mengembangkan akses listrik regional beserta infrastrukturnya.

Memahami bahwa peta geospasial jaringan 20 kV sangat diperlukan untuk memperluas jaringan listrik dan peningkatan kualitas jaringan, USAID ICED II dan PLN wilayah Sulawesi Selatan bekerja sama mengadakan lokakarya perencanaan elektrifikasi daerah berbasis geospasial dan memperbarui data jaringan 20 kV Sulawesi Selatan pada 29-31 Januari 2020 di Makassar. Ada 55 peserta pelatihan dari PLN wilayah Sulawesi Selatan Tenggara dan Barat (Sulselrabar), Dinas ESDM Provinsi Sulawesi Selatan, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Sulawesi Selatan dan Universitas Hasanuddin.

Lokakarya perencanaan elektrifikasi ini memperkenalkan GIS, data geospasial, metodologi dan latar belakang dalam mengembangkan lapisan data jaringan 20 kV. Peserta lokakarya juga menyamakan perspektif dan memverifikasi data yang telah dikumpulkan pada pertemuan sebelumnya. Lokakarya ini menguatkan koordinasi dan sinergi antara PLN dan Dinas ESDM. Selain itu, partisipasi aktif berbagai pihak akan membantu mencapai target elektrifikasi dengan baik, sesuai dengan visi misi energi provinsi Sulawesi Selatan.

Achmad Habib, Kepala Bidang Energi Baru Terbarukan, Dinas ESDM Sulawesi Selatan dalam pembukaan acara mengemukakan apresiasinya terhadap penyelenggaraan kegiatan ini.

“Lokakarya ini sangat mendukung sinergi antar pemerintah khususnya Dinas ESDM dan PLN unit wilayah Sulawesi Selatan. Kegiatan ini selaras dengan misi gubernur terkait ketersediaan dan ketahanan energi. Lebih luasnya lagi, mendukung kerjasama berbagai pihak, tidak hanya pemerintah namun partisipasi masyarakat, akademis, swasta, lembaga swadaya masyarakat dan lain-lain dalam mencapai target akses listrik Sulawesi Selatan.”

USAID ICED II berkomitmen akan terus memfasilitasi PLN dan ESDM Sulawesi Selatan dalam mencapai kesepakatan perencanaan eketrifikasi Provinsi Sulawesi Selatan.